Menjelajahi Museum di Korea Selatan

Kapan terakhir berkunjung ke museum? Pertanyaan itu kalau ditanyakan sebagian orang mungkin jawabannnya bermacam macam dan mungkin juga ada yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut. Kebanyakan orang orang pergi ke museum mungkin pada saat sekolah ataupun study tour yang diadakan pihak sekolah. Museumpun kiranya bukan menjadi tempat pilihan utama untuk sebagian orang untuk berlibur ataupun jalan jalan. Sebagian masyarakat lebih memilih ke pusat perbelanjaan ataupun wahana bermain untuk mengisi liburan atau akhir pekan dengan keluarga ataupun teman. Museum mungkin kata itu identik dengan barang kuno ataupun bersejarah. Dan memang pada kenyataannya memang museum sebagai tempat untuk menyimpan barang yang mempunyai nilai sejarah ataupun kenangan untuk dokumentasi ataupun fungsi lainnnya. Selain melihat barang sejarah yang kelihatannnya kurang menarik dilihat selain itu biasanya museum itu kurang asik untuk jalan jalan ataupun kurang sesuai sebagai tempat nongkrong bagi anak muda jaman sekarang. Itulah mungkin sedikit gambaran mengapa museum tidak menarik masyarakat di Indonesia. Saya akan sedikit bercerita mengenai beberapa pengalaman saya berkunjung kebeberapa museum yang ada di Korea Selatan khususnya di Seoul. Jumlah museum di Korsel cukup banyak ada sekitar ratusan bahkan ribuan museum mungkin karena saya tidak mempunyai data pasti jumlah museum tapi yang jelas banyak. Selama saya tinggal di Korea saya lebih senang ke museum karena ada banyak hal. Sebenarnya ide untuk berkunjung ke beberapa museum itu muncul manakala musim dingin tiba dimana suhu yang sangat dingin hinggga minus puluhan membuat saya bosan untuk berdiam diri terus di kamar ditambah sabtu yang biasanya lembur pas musim dingin sabtu menjadi libur. Itulah awal mulanya saya berkunjung ke museum di negeri ginseng ini. Museum yang identik dengan jadul tidak berlaku menurut saya untuk di Korea. Tapi sebenarnya ada hal pertama dan yang utama adalah GRATIS untuk masuknya untuk sebagian besar museum. Karena ada banyak hal yang membuat saya kagum dengan begitu bagusnya museum yang ada disini. Kekaguman saya tentang museum ada banyak seperti: 1. Bangunan Museum sebagian besar mempunyai bangunanan lebih dari satu lantai alias bertingkat seperti perkantoran. Selain berlantai banyak bangunannyapun modern dan sangat megah. Desain yang modern serta ditunjang dengan fasilitas yang lengkap saya meras seperti tidak berada di sebuah museum melainkan di sebuah mall. Untuk letak museum juga sangat strategis karena mudah dijangkau lewat transportasi umum baik bus ataupun subway. 2. Fasilitas Fasilitas menurut saya sangat komplit banget, mulai dari escalator ataupun lift, toilet yang super bersih, cafeteria, museum shop, foto zone, telpon umum, air putih gratis, loker tas, guide aneka bahasa, dan masih banyak lainnnya. Mungkin yang hobi foto bisa bergaya foto sesuka hati di sebuah foto zone yang khusus buat foto ataupun menggunakan fasilitas kamera yang ada yang hasilnnya bisa dicetak langsung ataupun di kirim via email dan semuanya gratis. Setelah capek berkeliling museum da cafeteria dengan aneka pilihan menu atau kalau sudah membawa bekal ada banyak tempat duduk yang nyaman yang khusus disediakan ke pengunjung. 3. Koleksi Koleksi sangat beragam macamnya. Dari yang paling lama sampai yang paling baru seperti mengenai dunia K POP juga masuk ke museum. Penataan yang indah dan sangat enak untuk dilihat. Untuk penjelasan mengenai koleksi sebagian besar menggunakan dua bahasa yaitu bahasa korea dan bahasa inggris bahkan ada yang menggunakan bahasa china juga. Ada banyak monitor yang menyala berisi video bebagai dokumentasi. Film film documenter baik itu tiga dimensi ataupun empat dimensi juga bisa dinikmati dan semuanya itu gratis. Hal yang perlu dicontoh adalah setiap museum menyedikan wahana permainan interaktif untuk anak anak yang sangat mendidik dan menghibur sehingga membuat anaka anak senang untuk berkunjung ke museum. 4. Pengunjung Pengunjung museum saya rasa sangat ramai apalagi akhir pekan ataupun musim liburan. Pokoknya setelah masuk museum saya serasa di mall karena saking banyaknya pengunjung hehehhe. Dari beberapa museum yang saya kunjungi sebagian besar memang para keluarga asli Korea yang berkunjung. Biasanya para orangtua mengajak anak anaknya kalau tidak ada banyak rombongan yang dipimpin oleh seorang guru yang dengan semangat bercerita. Selain itu biasnya ada banyak acara pertunjukan seni atau hiburan yang sengaja di selenggarakan di museum. Selain pertunjukan juga biasanya museum menyelenggarakan special koleksi atau apa gitu untuk menarik pengunjung. Semoga nantinya museum museum yang ada di negeri saya nanti bisa sebagus di negeri ginseng ini itulah harapan saya setelah berkunjung ke museum di Korea. Selain bisa sedikit belajar tentang Korea lewat museum semoga nanti sesampai pulang ke negeri tercinta membuat saya lebih senang untuk berkunjung ke museum, biar museumnya ramai heheheheh. Seandainya museum nya sebagus yang ada disini saya pikir pasti juga akan membuat masyarakat Indonesia lebih senang ke museum daripada ke mall.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjelajahi Museum di Korea Selatan"

Post a Comment