KURSUS BAHASA KOREA GRATIS DI SEOUL KOREA SELATAN (Free Korean Class in Seoul)


Selama tinggal di Korea Selatan untuk mencari nafkah sebagai tenaga kerja Indonesia alias TKI saya mempunyai hoby baru yaitu berburu hal atau apapun yang gratis atau free heheheheheh. Tapi untuk kali ini saya akan cerita mengenai kursus atau belajar bahasa korea gratis yang saya ikuti. Sebenarnya informasi tentang kursus atau belajar bahasa korea gratis sudah saya ketahui semenjak beberapa bulan tinggal di Korea. Informasi ini saya dapat melalui searching di internet dan beberapa informasi di facebook saya. Pas searching sih nyari juga yang tidak gratis tapi setelah melihat harganya membuat saya pikir pikir lagi. Kursuspun saya ikuti setelah sekitar 10 bulan tinggal di Korsel.

Perburuan pertama dimulai dari musim dingin pertama yang saya alami dan ternyata memang super banget dinginnnya. Berawal dari mendapatkan informasi di mbah google untuk tempat dan alamat kursus bahasa korea untuk warga asing khususnya buruh migrant. Alamat sudah ditangan dan sayapun bergegas mencari alamat berdasar direction di sebuah situs dan tempatnya adalah di Seoul dimana perjalanan yang harus saya tempuh kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan bus dan subway. Walaupun directionnya cukup jelas tapi tetap saja saya bingung mencari alamat yang saya tuju. Entah benar atau salah saya masuk ke sebuah gedung yang dari luar ada tulisan migrant gitu deh. Dan ternyata saya ketemu dengan bapak bapak berjas yang duluan menyapa saya karena mungkin melihat saya seperti orang hilang. Intinya dia tanya ada yang bisa saya bantu dan tentu saja saya langsung mengungkapkan keinginan saya dengan bahasa yang campur aduk alias macam macam bahasa tubuh, isyarat, inggris kacau, korea galau heheheheh. Bapak yang baik hati ini mempersilahakan saya untuk bisa langsung mulai kelas bahasa korea untuk minggu depan terserah dengan waktunya yaitu jam 2 dan jam 4 sore. Tak lupa juga saya meminta nomer hp nya dan diapun minta no hp saya dan pertemuan selesai.

Tapi dari cerita yang panjang diatas apakah saya jadi ikut kursus ? dan jawabannya adalah tidak hahahahahah. Karena alas an banyak hal saya belum jadi ikut kursus malahan saya menunggu sms dari si bapak mengenai info selanjutnya tetapi si bapak nya malah tidak sms dan akhirrnya gagal deh kursusnya.

Setelah gagal dengan usaha tadi saya tetap berusaha mencari lagi. Dimulai dari membaca status di facebook ada informasi pembukaan kelas bahasa korea langsung deh saya daftar. Tempatnya itu ada di SEOUL GLOBAL MIGRANT CENTER. Hal pertama adalah mendaftarlangsung dengan membawa foto dan id card. Saya pun datang dan langsung disambut dengan ramah dan tentu saja dengan bahasa yang membuat saya bingung saya pun melakuakan prosesi pendaftaran kursus bahasa korea untuk tingkat dasar atau pemula dengan mengisi form pendaftaran dan sedikit ditanya tanya dengan bahasa korea. Sebenarnya sih sebelum saya pergi ke Korea saya sudah kursus terlebih dahulu selama kurang lebih 1,5 bulan untuk persiapan test bahasa korea. Karena syarat menjadi TKI ke Korea harus lulus test bahasa Korea dengan nilai yang sudah ditentukan tentu saja dengan persyaratan lainnnya yang cukup bikin saya ribet. Jadi sebenarnya untuk membaca menulis saya sudah bisa. Tapi tak apalah mengulang dari awal.


Tempat Kursus

Pekerja asing di Korea kalau berminat kursus bahasa, banyak tempat yang menyediakan kelas kursus bahasa korea gratis. Kebanyakan yang mengadakan kursus bahasa korea adalah organisasi migrant center ataupun komunitas komunitas para pekerja. Contohnya adalah warga Indonesia yang tergabung di IKMI Korea menyelengggrakan kursus bahasa korea tiap hari minggu pagi jam delapan. Karena banyak hal saya tidak ikut kelas yang diadakan oleh IKMI. Kursus yang saya ikuti dilakukan setiap hari minggu jam satu siang dengan durasi dua jam, untuk kelas saya itu jumlah nya di list peserta 17 orang dan kebanyakan adalah pekerja dari Indonesia. Tetapi selama beberapa minggu pertemuan hanya beberapa orang saja yang datang. Pesertanya itu ada dari beberapa Negara seperti Kamboja, Kirgiztan, Rusia dan tentunya Indonesia. Guru yang ngajar orang asli Korea terus bahasa pengantar nya tentu saja bahasa campur aduk alias macam-macamseperti bahasa isyarat, tubuh,dan tentunya inggris galau heheheheheeh. Bagaimana tidak soalnya guru yang ngajar itu juga bahasa inggrisnya boleh saya katakan amat sangat standar seperti saya dan pesertanya yang sebagian orang Indonesiapun bahasa inggris nya super standar hehehehe. Kecuali untuk orang Rusia karena mereka adalah mahasiswa yang sedang kuliah.

Buku Diktat Belajar


Ruang tempat belajar


Proses belajar mengajar

Walaupun dengan kendala seperti itu kelas tetap berjalan dengan lancar dan menyenangkan menurut saya. Untuk lama nya kursus kurang lebih selama 4 bulan. Sebagaimana mestinya kursus, di kelas inipun ada beberapa peraturan yang harus ditaati misalnya jika ingin absen diharap menghubungi guru, tidak boleh terlambat, maksimal absen 3 kali dan masih banyak lainnya. Yang membuat salut saya adalah kelas dimulai jam satu persis tanpa telat gurunya sudah datang di kelas walaupun ini kelas gratis. Sebenarnya tempat saya kursus ini selain membuat kelas bahasa korea juga menyediakan layanan konsultasi untuk para pekerja asing, kelas computer, dan menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan khususnya akupuntur untuk minggu minggu tertentu.

Kegiatan Pemeriksan Kesehatan

Selain itu apabila kita haus atau ngantuk juga disediakan air dan tentu saja kopi yang bisa dinikmati. Pokoknya paket lengkap deh walaupun gratis. Biaya yang dikenakan hanya untuk membeli buku modul seharga 17.000 won. Murah meriah bukan? Kapan lagi bisa kursus bahasa korea gratis dengan pengajar orang korea asli. Anda berminat datanglah ke Korea…..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KURSUS BAHASA KOREA GRATIS DI SEOUL KOREA SELATAN (Free Korean Class in Seoul)"

Post a Comment