Cerita Bank di Korea

Mau tidak mau, selama di Korea saya harus berhubungan dengan bank. Sebagai buruh pabrik rasa rasanya tidak banyak interaksi yang sering dengan yang namanya bank. Awal datang di Korea sebelum memulai kerja di pabrik, terlebih dahulu di training lagi di tempat khusus tentang kehidupan di Korea. Saat itulah ada bank yang memang memberi kemudahan dengan datang langsung ke tempat pelatihan untuk membantu para calon pekerja supaya bisa membuat buku tabungan. Saya ingatnya cuma tanda tangan dan mengisi data diri langsung deh jadi buku tabungan dan debit cardnya. Waktu itu dari Woori Bank yang datang jemput bola.

Kemudian sesudah masuk ke pabrik tempat bekerja, dari pihak pabrik membuatkan buku tabungan lagi di Kookmin Bank, yah kami sih tingggal ikutin saja. Sampai sekarang gaji bulanan masuk ke rekening Kookmin Bank yang dibuatkan dari pabrik.

Singkat kisah awal terima gaji sampai tiga bulanan pertama, saya belum kirim duit ke rumah. Karena yah bingung saja cara kirim duitnya bagaimana, terus masih buat jaga jaga saja duitnya kalau nantinya terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Awal kirim duit dari Korea ke rumah, saya langsung datang ke bank. Masalahnya adalah awal datang, bahasa Korea yang saya kuasai masih sangat parah dan sampai sekarangpun masih sama. Dengan bahasa yang terbatas, datanglah saya ke bank dan bilang kalau saya mau kirim duit ke Indonesia. Setelah menunggu dan mengisi data barulah saya dilayani.

Mekanisme kirim di Kookmin Bank pas dulu saya kirim, duit won di tukar US Dollar dulu baru kemudian ditukar ke rupiah, untuk jasa pengiriman biaya dikenakan kepada pengirim. Motode ini, waktu itu kurang menguntungkan bagi saya karena pada saat yang sama nilai tukar rupiah menjadi tidak sama dengan model pengiriman yang dari Won langsung ke rupiah.

Beberapa waktu berlanjut kemudian nanya ke beberapa teman cara kirim duit di Bank agar lebih mudah dan dengan currency yang bagus. Lah tahunya sudah ada cara mudah dengan membuat buku tabungan khusus yang mana buku tabungan itu akan langsung mengirim duit otomatis ketika buku tabungan itu diisi duit. Kemudia lebih dikenal dengan EASY ONE. Bikinlah buku tabungan itu disalah satu bank yang waktu itu hits banget. Korea Exchange Bank (KEB) metodenya duit di kirim ke nomer akun yang sudah dibuat dan di akun itu pemilik sudah mendaftarkan nomer rekening di Indonesia yang akan menerima. Tinggal kirim dan duit nyampe ke Indonesia setelah dua hari-an.

Beberapa bulan cukup membantu tapi yang jadi masalah adalah saya tidak menerima sms pemberitahuan berapa jumlah nominal duit yang saya kirim setelah menjadi rupiah. Padahal sih udah nyantumin no hp, mungkin gegera pulsa habis kali yah. Atau jangan jangan mamah minta pulsa-nya tidak kunjung dikirim oleh anaknya.

Akhirnya saya ganti lagi ke bank lain, saya datang ke Woori Bank dekat pasar tempat langganan beli jajan. Bahasa Korea masih ngehe dan saya langsung ke teller bilang kirim duit dan bikin buku tabungan otomatis. Pegawai bank bingung, saya bingung dan akhirnya kami bertengkar. Ini mah kalau di sinetron kali...

Realnya saya di telponkan langsung Bank Woori yang ada di Jakarta dan akhirnya barulah se-paham bukan se-hati yah catat baik baik itu. Bikin buku tabungan beres dan dijelaskan, tapi kan itu bahasa Korea, saya sih iya iya saja berasa ngerti, padahal mah blas gak tahu. Uji coba, duit saya kirim dan ternyata seminggu belum nyampe. Duh emak di kampung kan udah menanti dengan sabar bagai para jones  yang nunggu jawaban gebetan.

Akhirnya minta tolong sama orang pabrik untuk telpon pihak bank. Jawabannya adalah rekening yang ada di Indonesia nomernya tidak aktif dan duit tetap manja aja di buku tabungan. Demi apa cobak adik saya kirim nomer rekening salah. Benerin nomer rekening by phone  dan sampalah duit ke rumah. OK fain, bye untuk akun buku tabungan itu.

Ansan adalah tempat dimana para pekerja dari berbagai negara ngumpul. Seperti halnya pekerja Indonesia. Waktu itu (dua tahun lalu) dengar informasi dari teman kalau bikin Easy One Woori Bank Ansan dapat galaxy tab gratis. Cuma beli pulsa berapa gitu lupa, kasih ID card dan tablet bisa dipake hanya di Korea saja.

Ini Buku Tabungan atau banner iklan sih...


Yah alasannya sih itu, lumayan lah dapat gratis. Tapi setelah beberapa kirim duit dengan Easy One Woori Bank Ansan kok saya selalu dapat sms berapa jumlah rupiah yang diterima. Itu bikin saya senang banget, secara kan hape selalu sepi bagai hp para jones. Terus ada facebook Woori Bank Ansan atau Melda Yani Ibrahim pegawai bank dari Indonesia yang selalu siap membantu misal ada masalah tentang pengiriman duit. Sunday aja buka kakak, itu kan emejing banget sambil nge-gaya di Ansan bisa lah mampir ke bank.

Sampai sekarang misal kirim duit ke rumah,  masih sama  dengan akun easy one yang buat di Woori Bank Ansan, udah cocok saja gitu. Info yang saya dapat katanya tanggal 19 dan 20 Desember 2015 Bank Woori Ansan mau mangkal di daerah saya tinggal di warung Bakso Mas Bejo di Songuri. Misal yang daerah Pocheon dan Uijeongbu bisa makan bakso sambil kepo-in banknya.

Kirim duit ke nomer rekening sampailah duit ke tangan emak di kampung. Bebas ribet, bebas macet, bebas jambret, dan bebas banjir. Hei hei eloh kira pergi dari Jakarta sehingga bebas dari semua itu.

Ok sekarang udah gitu dulu cerita bank di Korea, kemudian ada part duanya dan kalau bisa sampai bagian keseribu biar kayak sinetron.


Note : cerita ini berdasar pengalaman pribadi pemilk blog belaka


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cerita Bank di Korea"

  1. hei, saya abis bikin Woori saudara, adiku di sana baru sebulan.
    Nah tadi nanya woori saudara, katanya belum ada ebanking, dll.
    Lha easy one itu yang kek gimana mas.

    ReplyDelete
  2. Sela mat siang. Apakah mas masih di Korea? kebetulan saya ingin menanyakan soal tabungan tki. saya ingin mengetahui soal tabungan tki, kalau memungkinkan apa saya bisa menghubungi mas secara langsung? mungkin email atau kakao juga boleh. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih sudah mampir di blog saya. masih di Korea, bentar lagi pulang. bisa email saya di sugianto8575@gmail.com atau line id saya anto8502

      Delete