Free Shuttle Bus Jeonju


Gratis itu menyenangkan, itulah salah satu kalimat  yang pas buat saya setelah dapat tiket bus gratis ke Jeonju, provinsi  Jeollabuk-do untuk jalan jalan tidak jelas dan tak tau arah. Dari Informasi yang  ada  tujuan akhir bus gratis ini adalah Jeonju Hanok Village. Bus gratis (Free Shuttle Bus )  yang disediakan untuk wisatawan atau orang asing di Korea pada tahun 2012 rutenya sampai ke Busan. Tetapi untuk tahun 2013 rute bus hanya sampai kota Jeonju.

Bus gratis bisa dinikmati hanya oleh orang asing yang ada di Korea, baik itu wisatawan atau orang asing yang tinggal di Korea. Cara pemesanan tiket bus dengan on line disitus yang telah disediakan. Sebenarnya bisa langsung datang ke pangkalan bus (Gwanghwamun) tetapi ini tidak menjamin ketersediaan kursi. Intinya jika ada sisa kursi barulah bisa ikut naik bus.

Email Tiket
Operasional bus pada hari Jumat, sabtu dan minggu dan start  dari Seoul jam 8 pagi, sedangkan dari Jeonju jam 5 sore. Jika mempunyai akhir pekan yang panjang bisa di Jeonju untuk beberapa hari. Saya sendiri mencoba bus ini baru sekali dan waktunya di hari terakhir waktu operasional bus tahun 2013 yaitu tanggal 29 Desember 2013. Tahun 2014 operasional bus belum ada informasi yang saya dapat untuk mencari informasi bisa dilihat di situs Visit Korea.

Saya sarankan untuk sign up disitus pemesanan tiket agar memudahkan pada saat melakukan pemesanan tiket. Setelah mempunyai account apabila akan memesan tiket hanya dengan log in  dan nantinya data otomatis terisi,  hanya sedikit memberi tambahan informasi data diri. Lebih senangnya lagi bisa bawa teman, jadi nanti pas email tiket sudah diterima pada saat boarding bus tinggal tunjukin paspor asli dan email tiket.

My Friend
Perjalanan Seoul-jeonju kira kira 3 jam, cukup lama menurut saya apalagi jalan yang dilewati adalah jalan tol jadi yang bisa dilihat hamparan sawah, pegunungan dan mobil yang berpacu dengan kencangnya. Untungnya saya bisa mengajak salah satu teman sehingga perjalanan tidak berasa membosankan. Maklum bahasa Inggris saya sangat tidak layak, hal ini menjadikan saya pendiam jika berinteraksi dengan orang asing.

Ada  kejadian yang cukup bikin saya merasa kasihan karena sebelum berangkat ada 3 orang penumpang yang berharap dapat tiket on site tetapi karena bus penuh jadi batal. Melihat dari penampilannya sebenarnya sudah style travelling dan tiga orang itu adalah cewek. Seandainya saja saya bisa bantu saya rela memangku untuk beberapa menit (karena badan saya yang kecil) dan selanjutnya saya serahkan kursi saya padanya, kemudian saya akan posisikan badan berdiri dengan cool bak pahlawan bertopeng.

Ngapain aja di Jeonju  yang hanya punya waktu sekitar enam jam itu akan saya ceritakan selanjutnya. Yang jelas penuh tragedi, penderitaan, kegembiraan dan misteri. Diharap sabar pemirsa (emang ada yang baca?).

Balik ke Seoul pun masih menggunakan bus yang sama, dimana bus menanti dengan setia di tempat parkir. Selama perjalanan nanti ada pemandu bus yang akan sedikit memberikan informasi  dan berbagai hal terkait perjalanan. Cemas, bingung pun akan sirna pada waktunya. Setiap penumpang diakhir perjalanan diberikan kuisioner survey terkait dengan keberadaan free shuttle bus Jeonju. Pokoknya dijamin nyaman selama perjalanan, tanpa ada promosi produk dan hal lain yang mengganggu.

Tragedi berangkat terulang lagi pada saat bus akan balik ke Seoul. Dimana ada tiga orang penumpang yang sudah mempunyai tiket tetapi karena datangnya terlambat kursi sudah diberikan kepada penumpang lain yang sudah menunggu. Perdebatan terjadi antara penumpang dan pemandu, dimana pemandu memegang teguh aturan penumpang datang jam lima kurang sepuluh sesuai kesepakatan sedangkan tiga cewek yang terlambat datang pas jam lima sore. Pemandu terlihat sangat tegang tetapi tetap saja tiga cewek tidak terangkut ke bus. Naluri pahlawan bertopeng saya sebenarnya timbul tetapi apa boleh buat akhirnya saya tetap duduk manis di bus sembari melihat tiga cewek tersebut berjalan dengan lesu sambil beranjak pergi mencari bus.


Dimohon berdoa agar bus gratis ini tetap ada di tahun 2014. Saya juga mau mengucapkan terima kasih kepada bus dan pak sopir yang sudah mengantar saya ke Jeonju tetapi sebelumnya juga sudah berterima kasih ke pemandu bus sih. Selamat mencoba bus gratis ke Jeonju ya...


*Informasi detail bisa dilihat di situs pemesanan tiket bus http://shuttle.dongbotravel.com/en/
*Harap booking ticket  dan tepat waktu agar tidak bernasib tragis seperti cerita diatas 
*Happy gratis dan nge-bus

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Free Shuttle Bus Jeonju"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wow..makasih infonya mas. Saya mau tanya, saya sudah booked tiket untuk pp jeonju seoul, tapi karna saya mengubah itin saya, saya berangkat dr Busan k Jeonju. Kl saya hanya memakai pas balik dr Jeonju ke Seoul ttp bisa g ya? Apa tetap diprioritaskan? otomatis kursi berangkat saya kosong, dan bisa jd dipakai orang. Pas baleknya ttp saya yg diprioritaskan atau yg menempati kursi saya? Terimakasih

    ReplyDelete