Ucapan Hari Guru Anti Mainstream

Beranda facebook gue, hari ini penuh dengan ucapan hari guru yang diucapkan oleh rakyat dunia maya. Kalau tidak ada status hari guru, gue aja tidak tahu kalau ternyata tiap tanggal 24 November diperingati sebagai hari guru. 

Informasi aja nih, ternyata di Korea juga ada hari guru yang diperingati setiap tanggal 15 Mei. Sebelum ngeblog gue iseng iseng browsing, dan ternyata beberapa negara lain, mempunyai hari khusus yang diperingati sebagai hari guru. Wajar sih, guru kan profesi yang mulia. 

Pernah jadi guru?
Curhat aja lah, jadi jaman ketika gue masih kuliah, profesi menjadi guru private pernah gue jalani. Kerja paruh waktu di sela sela jadwal kuliah sebagai upaya untuk me-merdeka-kan diri dari belenggu mamah minta pulsa, eh salah ding bebas belenggu minta duit bulanan sama ortu.

Gue masih ingat betul, dimana gue manaruh surat lamaran di depan rumah kecil sang pemilik les private. Tahapan seleksinya itu yang membuat sampai kapanpun gue inget. Disuruh mengerjakan beberapa macam soal, kemudian memilih soal mana yang akan dijelaskan dihadapan penyeleksi. Yakinlah gue memilih soal matematika, tetapi entah kenapa yah disaat penjelasan gue sendiri malah tidak bisa menyelesaikan itu soal. Mentok aja gitu....

Tapi gegara kurang tenaga kali yah, gue akhirnya tetap diterima menjadi guru private dan langsung diberi siswa untuk ngajar, beruntungnya  adalah anaknya masih SD. Capeknya jadi guru private adalah mulut gue yang untuk berapa jam ngomong terus. Misal jadwal padat dari sore sampe malam baru pulang kos dengan keadaan capek mulut. Pernah ngerasain capek mulut? Cus coba ngomong dari jam tiga sampe jam delapan dengan jeda yang gak lama.

Senangnya jadi guru private, gaji perjam jelas dapat dan tambahannya gue dapat suguhan makanan di rumah anak yang gue private. Mulai dari cemilan sampai makan berat, wajar saja lah dimana kala itu sebagai anak kos yang haus akan makanan. Malahan sampai ada singkatan PMDK alias program makan dua kali, demi penghematan tentunya. Walaupun sebagai guru private tapi kala itu gue cukup menikmati, apalagi misal siswa yang diajarin paham dengan materi yang gue sampaikan. 

Tapi tadi gue nemu foto yang cukup bijaksana dan bikin gue terharu biru...*lebay



Pertanyaan gue sekarang adalah apakah guru guru sekarang sudah semua aktif di facebook sampai beranda gue penuh dengan status ucapan. Beberapa memang sudah aktif di facebook seperti teman sekolah gue yang sekarang menjadi guru. Tapi misal dapat ucapannya cuma di beranda opo yo dadi spesial? Gue rasa sih enggak, yang ada malah kayak eloh ketemu mantan, mlengos aja gituh.

Bisa jadi akan lebih sweet ketika eloh ngasih surat dimeja guru, kemudian memberikan ucapan dengan tulisan tangan dan ditambah ucapan apa gitu. Atau dengan bertemu langsung jabat tangan seraya berucap, dan kalaupun belum bisa, gue rasa eloh bisa kirim pesan ucapan langsung bukan dengan menulis di dinding ratapan facebook. 

Karena profesi guru mulia jadilah sekiranya eloh memberi ucapannya dengan gaya yang elagan dan sweet dong. Jangan hanya cuma ke pacar doang....

Udah sih gitu aja....pengin ngomong itu saja gue harus ada curhat segala di blog. Siapapun eloh nantinya akan jadi guru, karena sebenarnya guru itu tidak hanya di sekolah tetapi dimanapun engkau berada. Guru dari anak anakmu kelak atau bahkan kau bisa menjadi guru kehidupan buat orang lain. Guru di gugu lan ditiru.


Salam winter dari gue yang gak ngucapin hari guru ke para guru


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ucapan Hari Guru Anti Mainstream"

Post a Comment