Second Graduation


Ini adalah graduation kedua saya selama mengikuti kelas bahasa Korea di Seoul Global Migrant Center. Walaupun sudah dua kali lulus (ga make ujian) kelas bahasa tapi  perkembangan kemampuan bahasa Korea saya tidak signifikan. Penyebabnya adalah sifat malas saya untuk belajar dan menghapal kosa kata baru.

Kelas tingkat dua ini didominasi oleh teman teman dari Vietnam, berbeda dengan tingkat dasar sebelumnya yang didominasi oleh orang orang Indonesia. Saya adalah siswa paling rajin datang terlambat dan hampir bisa dikatakan selama berlangsung kelas saya selalu datang terlambat mulai dari lima menit hingga satu jam. Sebenarnya ini sebagai alibi klasik dimana jarak tempuh  kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari asrama saya tinggal ke tempat belajar.

Suasana party
Spesialnya diacara party kelulusan kali ini sangat meriah dengan berbagai macam hiburan. Mulai dari fashion show dari beberapa negara, magic show, B-boy  performance dan penampilan dari masing masing kelas. Kelas saya menampilkan hiburan membacakan lagu yang sangat fenomenal di Korea. Lagu ini dibacakan dengan lima logat bahasa Korea  yang berbeda dari beberapa daerah yang ada di Korea. FYI bahasa Korea juga mempunyai perbedaan logat dan bentuk bahasa di beberapa daerah. Seperti halnya di Indonesia yang mempunyai bahasa yang beragam.

Bergaya  ala Boy Band sebelum perform *Me : batik ungu

Saya sendiri ikut perform dan kebagian daerah Gangwon-do dengan logat yang sedikit keras dan mendayu di bagian akhir. Menurut saya seperti halnya orang gunung yang cenderung mempunyai nada suara yang lebih keras. Walaupun sudah berusaha , saya beranggapan logat ngapak saya masih begitu berasa. Jadi bisa dikatakan Korea ngapak gituh.

Kesepakatan kami sebagai WNI untuk memakai batik, tapi karena kebiasaan buruk saya lupa dan buru buru baju batik yang mau dipinjamkan ke teman tertinggal di kamar, jadi yang satu tidak jadi berbatik. Maaf yah teman.....sebagai salah satu bentuk promosi batik juga sih,,, 

Kelas bahasa  yang saya ikuti selain menambah sedikit peningkatan bahasa Korea, juga bisa menambah teman baru yang beragam, mulai dari emak emak Vietnam yang selalu bikin telinga saya bersengau sengau gituh. Tentunya juga teman sesama orang dari kampung halaman. Sebut saja Tarno tentunya ga pake mbah loh… yang berasal dari Wonosobo  dan yang sudah banyak bisa bercakap dengan bahasa Korea.

Narsis bareng teman kelas dan bu guru paling depan ujung kiri.
Tidak mengherankan teman saya yang satu itu paling disukai sama bu guru karena sudah cakap berbahasa juga paling rajin datang. Dan yang paling mengesankan adalah diakhir kelas dapat hadiah sebagai siswa terbaik di kelas. Selamat yah sobat….
Sebagai orang yang suka menyebar bola panas saya beranikan menyampaikan anggapan saya tentang ketertarikan bu guru dengan Tarno ckckckckkc,,, itu sih pengamatan saya saja sihhhh...

cie cie
ehem ehem
Sampai ketemu di kelas berikutnya ya....

*Second graduation yang sangat saya cita cita kan adalah bisa graduation untuk esdua tapi tak apalah gradution kedua ini sebagai penyemangat hehehehhehe.... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Second Graduation"

Post a Comment