Meriahnya One Indonesia Day di Korea


Acara ini merupakan ajang silaturahmi untuk warga Indonesia yang ada di Korea yang diadakan setiap setahun sekali. Motto One Indonesia Day adalah satu cinta, satu Indonesia. Untuk tahun 2013 berlangsung di kota Ansan tepatnya di Ansan Olympic stadium Minggu tanggal 30 Juni. Acara ini diselenggarakan oleh para warga Indonesia yang berada di Korea yang dibentuk dalam sebuah kepanitiaan. Panitianya terdiri dari beberapa orang, baik itu pekerja ataupun mahasiswa yang kuliah di Korea yang telah menyumbangkan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk kesuksesan acara ini.

Pengunjung yang datang kebanyakan adalah warga Indonesia yang bekerja di Korea. Selain WNI, orang asing saya lihat juga ada seperti orang Korea, bule dari mana saya kurang tahu. Saya karena belum pernah datang ke acara ini otomatis juga ikut menyaksikan kemeriahan acaranya. Datang seorang diri tidak membuat urung datang. Selama menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam baru sampai ditempat dan acara sudah dimulai.

Acaranya beraneka ragam mulai dari pertunjukan kesenian dari Indonesia, music band bahkan tak lupa juga music dangdutpun ikut menggoyang Korea. Reog Ponorogo dan tarian dari Banten adalah salah satu kesenian yang ditampilkan. Selain penampilan kesenian di lokasi juga banyak stand stand yang menyediakan berbagai makanan khas Indonesia serta beberapa kerajinan seperti batik. Makanan yang berada di stand mulai dari bakso, mie ayam, somay, nasi kuning, dan ada satu lagi yang special bagi vegetarian yaitu “pecel”. Saya masih bingung bahasa Indonesianya pecel itu apa jadi saya tulis aja setahu saya. Minuman segar juga tersedia seperti es campur, es buah dan es yang lainnya. Karena saya belum makan saya membeli nasi kuning super enak dari stand komunitas Bumi Parahyangan .



Jalannya acara lumayan tertib dan sangat meriah, selain itu juga ada beberapa sambutan seperti dari pihak Dubes RI di Seoul dan dari Jumin Center Ansan. Special tidak pakai telor diacara ini adalah dinyanyikan lagu Indonesia Raya pada saat acara. Ini adalah kali pertama saya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia di Korea, maka tidak heran pada saat pengunjung menyanyikannya membuat haru sausana hati saya. Penampilan yang paling ditunggu tunggu adalah penampilan Reog Ponorogo yang ditampilkan oleh Komunitas Reog Ponorogo di Korea. Kelakuan penonton yang berdiri pada saat Reog perform membuat penonton yang dibelakang harus gigit jari untuk menonton karena terhalang punggung. Saya adalah salah satu korban penonton itu sehingga sayapun tak bisa mengambil foto penempilan reog. Karena merasa sudah sebal dengan kelakuan penonton yang lain sayapun mencari spot agar bisa melihat. Tetapi tetap saja saya tidak bisa mengambil gambar.

Penampilan yang langsung didatangkan dari Indonesia adalah penampilan kesenian dari Banten.untuk tariannya namanya apa saya lupa, harap maklum otaknya sudah tua. Intinya menurut saya tariannya bagus banget, dan tari ini juga baru saya lihat untuk pertama kalinya. Penampilan dari beberapa band baik itu pop ataupun rock membuat acara makin meriah dan menambah makin panas ruangan. Bagi penonton yang beruntung mendapatkan doorprize dari sponsor acara. Hadiah utama adalah tiket PP Incheon – Bali –Incheon tapi untuk siapa yang dapat saya tidak tahu karena saya pulang sebelum acara selesai. Sebenarnya ingin sampai selesai tapi karena jarak asrama yang jauh dan takut kemalaman akhirnya saya putuskan pulang lebih awal.

Apreasiasi besar untuk para panitia yang sudah berjuang untuk membuat acara ini sukses dan tentunya nya pula semua pengisi acara serta pengunjung yang datang. Acara ini memberi kesan special bagi saya selama tinggal di Korea untuk menjadi TKI. Selain sebagai ajang silaturahmi juga membuat kita semakin cinta akan Indonesia. Sehari yang penuh moment dan kemeriahan tentang Indonesia di Korea hanya di One Indonesia Day. Bagi WNI di Korea yang tidak datang dijamin rugi dan menyesal. Sampai jumpa lagi di One Indonesia Day 2014.


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to " Meriahnya One Indonesia Day di Korea"

  1. hadir, sobat.....
    keren blog kmu......

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob,,,ini juga masih belajar..sring sering di share lagi ya biar makin rame hehehehe

      Delete
  2. penampilan yang langsung didatangkan dari Indonesia itu penampilan dari Sanggar Raksa Budaya utusan daari Paguyuban Baduy Banten. Alhaamdulillah kami senang bisa membawakan Tarian khas Prov. Banten yaitu Tari Walijamaliha (Tari Selamat Datang Prov. Banten) dan Tari Bedug Warnane (Tari Khas Prov. Banten). Terimakasih untuk semua warga Indonesia di Koreaaa yg sudah menyaaksikan penampilan kami, semoga tidak mengecewakan dan bisa menghibur kembali warga INA yg ada di Korea selatan. AMIIIN. "Satu Cinta Satu Indonesia"

    ReplyDelete